Jumat, 26 Juli 2013

Perbandingan Berat Agregat Halus dan Kasar

Nilai banding antara berat agregat halus dan agregat kasar diperlukan untuk memperoleh gradasi agregat campuran yang baik. Pada langkah ini dicari nilai banding antara berat agregat halus dan berat agregat campuran.

Penetapan dilakukan dengan memperhatikan besar butir maksimum agregat kasar, nilai slump, faktor air semen, dan daerah gradasi agregat halus. Berdasarkan data tersebut dan grafik di bawah ini, lalu diperoleh presentase berat agregat halus terhadap berat agregat campuran.


Perbandingan agregat halus dan kasar pada beton

Dengan data berat jenis agregat campuran dan kebutuhan air per m3 beton, maka berat beton dapat diperkirakan dengan bantuan grafik di bawah :



Caranya adalah :

  1. Dari berat jenis agregat campuran dibuat garis miring berat jenis campuran yang paling dekat dengan yang sudah ada dalam gambar.
  2. Kebutuhan air dimasukkan ke dalam sumbu horizontal, kemudian dari titik ini ditarik garis vertikal ke atas sampai mencapai garis miring yang dibuat sebelumnya.
  3. Dari titik potong ini kemudian ditarik garis horisontal ke kiri sehingga diperoleh nilai berat beton.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFe1McOCtz51xahqZwBdmAd1iODLaDtu6spd0xHmYwh_WR6GsuSdUqUGN62rGDT52YN94E4XAM2VASL1wRqpgzDBb91eXJvAJJO6hTJt5maNT53xfsq26s6jEwmrml23Xtzm6jUC4swXI/s1600/grafik2.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flag Counter